Strategi
Pembelajaran Tarkib (sharf)
Tarkib adalah aturan-aturan yang mengatur penggunaan bahasa arab
yang digunakan sebagai media untuk memahami kalimat. Adapun sharf membicarakan perubahan bentuk suatu kata
kerja dari bentuk masa lalu (past), masa sekarang dan masa yang akan
datang (present), bentuk perintah, perubahan bentuk kata kerja ke kata
benda turunan, dan juga perubahan bentuk kata kerja sesuai pelaku dari
perbuatan tersebut.
A.
Model Pembelajaran Tarkib
1.
Model qiyasi (deduktif) yaitu
memulai dengan kaidah baru kemudian memberi contoh-contoh
2.
Model istiqraiy (induktif) yaitu
yang dimulai dengan contoh-contoh yang baru, kemudian siswa diminta untuk
memberi kesimpilan kaidahnya
3.
Model al-mu’dilah (an-Nash Al-Araby)
yaitu metode pembelajaran nahwu menggunakan metode yang bersambung tidak
terpisah
B. Strategi
Pembelajaran Tarakib
1.
Strategi pembelajaran tarakib pada
tingkat dasar (Mubtadi’)
Menggunakan pendekatan kerja antara dua orang yang biasa disebut
dengan the power of two.
a.
Siapkan kertas latihan, model yang
digunakan dapat berupa bacaan yang didalamnya terdapat kata-kata yang ingin
dipelajari
b.
Mintalah masing-masing siswa untuk
mengerjakan kalimat tersebut
c.
Mintalah siswa untuk berkelempok
dua-dua dan mendiskusikan hasil kerja masing-masing
d.
Mintala pada masing-masing kelompok
untuk menyampaikan hasil kerja mereka.
e.
Berikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan
f.
Berikan klarifikasi terhadap hasil
kerja kelompok tersebut agar tidak terjadi kesalahan
2.
Strtegi pembelajaran tarakib pada
tingkat menengah (Mutawassit)
Pada tingkat menengah ini dapat menggunakan small group
presentation, strategi ini
dapat digunakan untuk mengerjakan kowaid.
1.
Siapkan kertas yang berisi potongan(potongan
kata)
2.
Bagilah siswa pada kelompok-kelompok
kecil (2-3 orang)
3.
Mintalah masing-masing kelompok
untuk menuliskan kalimat yang disusun dari kata-kata tersebut
4.
Mintalah masing-masing kelompok
untuk menyampaikan hasilnya di depan kelas
5.
Berikan kesempatan pada kelompok
lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan
6.
Berikan klarifikasi terhadap kerja
kelompok tesebut dengan memberikan tambahan penjelasan tentang struktur kalimat
yang telah mereka pelajari.
C. Strategi
pembelajaran tarakib pada tingkat lanjut (Mutaqaddim)
Strategi pembelajaran tarakib pada tingkat lanjut dapat menggunakan
strategi yang disebut dengan chart short.
1.
Siapkan kertas yang telah dituliskan
dengan kalimat dengan struktur yang berbeda-beda
2.
Bagikan kartu tersebut kepada para
siswa secara acak
3.
Mintalah masing-masing siswa
berkelompok sesuai dengan kategori kalimat yang ada dalam kartu masing-masing
4.
Mintalah masing-masing siswa
kelompok menuliskan kalimat-kalimat yang serupa tersebut dalam kertas maupun
dalam bentuk file
5.
Mintalah masing-masing kelompok
menyampaikan hasilnya (presentasi) di depan kelas
6.
Berikan kesempatan kelompok lain
untuk memberikan komentar atau pertanyaan
7.
Berikan klarifikasi secara
menyeluruh dari hasil kerja kelompok tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar