Nama Madrasah : SD Islam An-nur
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : III (tiga)
Semester : ganjil
Pokok Bahasan : الحيوانات
Standar kompetensi :
Memahami informasi lesan, mengungkapkan informasi secara lisan, memahami wacana
tertulis dan mengungkapkan inforasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang الحيوانات
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Suber belajar
|
1.
Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam suatu konteks secara
tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dsari berbagai bentuk wacana
lisan tentang الحيوانات
|
Istima’ tentang الحيوانات
Dengan menggunakan 5-10 mufradat baru dan struktur kalimat dasar
1.
ذلك
أسد
2.
تلك
زرافة
3.
هذا
قرد
4.
هذا
فيل
|
-
Guru
mengucapkan mufradat baru dan siswa menyimak, berlatih mengucapkan mufradat baru
serta menjawab beberapa pertanyaan yang terkait.
|
1.1 mengucapkan mufradat baru dengan lafal dan intonasi yang baik dan
benar
1.2 menirukan percakapan yangdibacakan oleh guru
1.3 Menjelaskan makna mufradat baru
1.4 Menghafal mufradat baru beserta maknanya
1.5 Menggunakan mufradat yang telah dipelajari dan didengar
|
Pertanyaan lisan
|
2 x 45 menit
|
-
Buku cetak
bahasa arab kelas 3 pustaka lisan madani
-
Media gambar
|
2.
Berbicara
2.1 melakukan dialog sederhana tentang الحيوانات
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan kaimat sederhana tentang الحيوانات
|
Teks hiwar tentang الحيوانات dengan menggunakan 5-10 mufradat baru
dan struktur kalimat dasar
ع. ما هذا؟
م. هذا أرنب
ع. ما ذلك؟
م. ذلك فيل
ع. ما تلك؟
م. تلك زرافة
|
-
Siswa
mengucapkan mufradat baru tentang الحيوانات secara berukang-ulang dengan bimbingan
baru
-
Secara
berpasangan siswa mempraktekkan hiwar tentang tema tersebut.
|
2.1 mengungkapkan materi
hiwar dengan lafal dan informasi yang baik dan benar
2.2 mendemonstrasikan hewan secara berpasangan
2.3 mendiskusikan makna
2.4
melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat baru
2.5 mengurutkan kata-kata sehingga menjadi kalimat yang sempurna
2.6 menggunakan mufradat baru dalam kalimat yang tepat
2.7 menyebutkan الحيوانات yang ditunjukkan teman.
|
Ulangan praktek
|
4 x 45 menit
|
-
Buku cetak
bahasa arab kelad 3 pustaka insane madani
-
Media gambar
|
3.
Membaca
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang الحيوانات
3.2 Menentukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang الحيوانات
|
Qiro’ah dengan mufradat tentang الحيوانات dengan menggunakan 5-10 mufradat baru
dan struktur kalimat dasar
تلك بقرة (itu sapi)
ذلك جمل(itu unta)
ذلك غنم(itu kambing)
|
-
Siswa membaca
materi qiro’ah tentang الحيوانات secara berulang-ulang dengan bimbingan
guru
-
Siswa
berkatih melafalkan bahan qiro’ah dan menjawab pertanyaan tentang kandungan
bahan qiro’ah
|
3.1 melafalkan bahan bacaan dengan intonasi yang baik dan benar
3.2 memaami bahan bacaan
3.3 menerjemahkan bahan bacaan dengan benar secara kelompok dan
perorangan
3.4 menjawab pertanyaan dalam bentuk lisan dan tulisan tentang
bahan bacaan
3.5 melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan baik dan benar.
|
Tugas kelompok dan individu
|
2 x 45 menit
|
-
Buku cetak
bahasa arab kelad 3 pustaka insane madani
-
Kamus bahasa
arab
|
4.
Menulis
4.1 menyalin
kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang الحيوانات
|
Menulis tentang الحيوانات dengan menggunakan 5-10 mufradat baru
dan struktur kalimat dasar
1.
ذلك
أسد
2.
تلك
زافة
3.
3. هذا قرد
4.
هذا
فيل
|
-
Secara individu
siswa berlatih menulis kalimat bahasa arab
-
Secara
kelompok siswa menyusun dan membuat kalimat dengan kata-kata yang telah
disediakan
|
4.1 menulis kalimat bahasa arab melalui imla’ manqul
4.2 menyusun kata-kata sehingga menjadi kalimat yang sempurna dan benar
4.3 menterjemahkan kalimat dengan baik dan benar
|
-
ulangan
harian
-
tugas
individu
|
2 x 45 menit
|
-
Buku cetak
bahasa arab kelad 3 pustaka insane madani
-
Kamus bahasa
arab
|
Malang, 10 Agustus 2012
Mengetahui
Guru Pamong Guru
PKLI
Dewi Timor ningtias Faristin
NIY. 992033063
09330011
Kepala
Sekolah
Ahmad
Kholil, S. Pdi
NIY. 992 033 054
Tidak ada komentar:
Posting Komentar